Pelantikan Komandan Brigade Infanteri 8/Garuda Cakti Serta Alih Kodal Satuan Yonif 141/Ayjp dan Yonif 144/Jaya Yudha
Kamis, 1 April 2021 13:40 WIB
Share
Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Agus Suhardi memimpin acara serah terima jabatan

PALEMBANG, POSKOTA.CO.ID - Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Agus Suhardi memimpin upacara peresmian Satuan Brigade Infanteri (Brigif) 8/Garuda Cakti (GC) Kodam II/Swj, Rabu (31/3/2021) bertempat di Markas Komando Brigif 8/GC yang berlokasi di Desa Gunung Agung, Kecamatan Padang Ulak Tanding, Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu.

Selain peresmian Brigif 8/GC dalam kesempatan tersebut  juga dilaksanakan Pelantikan Danbrigif 8/GC serta Alih Kodal satuan yakni, Yonif 141/AYJP dan Yonif 144/JY, yang sebelumnya berada di jajaran Korem 044/Gapo dan Korem 041/Gamas, selanjutnya dialihkodalkan ke jajaran Brigif 8/GC.

Peresmian Satuan Brigif 8/GC dan pelantikan serta alih Kodal satuan tersebut dilaksanakan di tengah Pandemi Covid-19, namun tetap menjalankan protokol kesehatan tanpa mengurangi hikmat dan tujuan dari kegiatan itu.

Pangdam II/Swj Mayjen TNI Agus Suhardi dalam sambutannya mengatakan bahwa, peresmian, penataan dan pembentukan satuan baru di jajaran TNI AD ini sudah melalui kajian strategis dan evaluasi yang mendalam terhadap berbagai aspek sehingga terwujud stabilitas pertahanan negara, khususnya di wilayah Kodam II/Swj.

Selain itu, salah satu latar belakang pembentukan Brigade Infanteri 8/Garuda Cakti dan Alih Kodal Satuan yaitu dalam rangka mengimbangi perkembangan lingkungan strategis dan mengantisipasi kemungkinan potensi ancaman yang diprediksi akan selalu bergerak secara dinamis serta bervariatif pada masa yang akan datang sesuai tuntutan kemajuan zaman.

Pangdam juga menyampaikan bahwa, pembentukan Brigade Infanteri 8/Garuda Cakti merupakan realisasi keinginan, harapan dan permintaan masyarakat serta Pemerintah Daerah. Hal itu, menunjukkan sebagai wujud kepercayaan masyarakat Bengkulu terhadap Kodam II/Swj.

Pada kesempatan ini juga dilaksanakan Alih Kodal Satuan yaitu, Yonif 144/Jaya Yudha dan Yonif 141/Aneka Yudha Jaya Prakosa yang sebelumnya berada di jajaran Korem 041/Gamas dan  Korem  044/Gapo  yang  selanjutnya dialihkodalkan ke Brigif 8/Garuda Cakti Kodam II/Swj.

Alih Kodal ini merupakan salah satu upaya pemenuhan tuntutan organisasi dalam rangka pembangunan kekuatan pokok minimum atau Minimum Essential Force, yang bertujuan untuk memudahkan Komando dan Pengendalian.

“Saya berharap, dengan peresmian dan Alih Kodal ini dapat memberikan kontribusi positif dalam menciptakan rasa aman, damai serta mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan terjalin komunikasi yang  baik  dengan  Pemerintah Daerah, Polri dan segenap komponen masyarakat”, ungkap Mayjen TNI Agus Suhardi.

Di akhir sambutannya Pangdam  menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada Bapak Gubernur dan Bupati beserta Forkopimda dan seluruh masyarakat Kabupaten Rejang Lebong, yang telah memberikan dukungan dan kerja sama yang baik, mulai dari penyiapan markas sampai dengan peresmian, sehingga berjalan dengan aman dan lancar.

Halaman
1 2
Reporter: Admin Sumsel
Editor: Admin Sumsel
Sumber: -
Berita Terpopuler