Antusias Ribuan Orang Asli Papua Jadi Relawan PON XX Dijamin JKN-KIS

Selasa, 24 Agustus 2021 09:08 WIB

Share
Antusias Ribuan Orang Asli Papua Jadi Relawan PON XX Dijamin JKN-KIS
Poster PON XX Papua 2021 dengan latar belakang Stadion Lukas Enembe (foto: Humas Kemenkominfo)

PAPUA, POSKOTASUMSEL.CO.ID –  Pengurus Besar (PB) PON Mimika menerima antusias Orang Asli Papua (OAP) menjadi relawan dalam gelaran PON XX di Kabupaten Mimika, 2-15 Oktober mendatang serta dijamin JKN-KIS (Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat).

Koordinator Bidang SDM Sub PB PON Mimika Agus Hugo Krey di Timika, Senin, mengatakan rekrutmen para relawan umum itu berlangsung mulai Sabtu (21/8) hingga Selasa (24/8) dan terdaftar lebih dari 1.000 pelamar yaitu sebanyak 516 orang mendaftar pada Sabtu (21/8) dan hingga Senin jumlah pendaftar sebanyak 1.178 orang.

"Target kami untuk tiga hari pendaftaran ini bisa merekrut sebanyak 3.600 orang relawan. Melihat antusiasme warga yang cukup tinggi, kami optimistis jumlah itu bisa tercapai," kata Agus.

Para relawan tersebut nantinya akan ditugaskan pada 16 bidang dan sebagian lagi akan ditempatkan pada setiap arena pertandingan cabang olahraga pada PON XX Papua di Mimika. Ia menyebutkan ada beberapa bidang yang tidak bisa dibuka untuk umum seperti bidang kesehatan, bidang keamanan, bidang kebersihan lingkungan dan bidang seni budaya. Relawan yang dibutuhkan diantaranya Liaison Officer (LO), volunteer dan work fast (WF) untuk masing-masing bidang.

"Untuk bidang keamanan langsung diambil alih oleh TNI-Polri dan Satpol PP, bidang kesehatan akan ditangani langsung oleh Dinas Kesehatan, demikian pun dengan bidang kebersihan lingkungan hidup akan langsung ditangani oleh Dinas Lingkungan Hidup. Sedangkan untuk bidang seni budaya kami masih berkoordinasi dengan sanggar budaya yang ada di Mimika agar nantinya kami akan angkat dan berdayakan konten lokal," jelasnya.

Para relawan itu nantinya akan diberi imbalan Rp300 ribu per hari disesuaikan dengan jumlah hari mereka bertugas di seti


ap arena pertandingan PON XX.  Rencananya para relawan yang nanti diterima akan mengikuti pelatihan yang akan digelar di Timika pada 8 hingga 9 September.

"Kami bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Mimika membuka gerai vaksin untuk memudahkan calon pelamar yang belum divaksin untuk segera mendapatkan vaksinasi COVID-19," kata mantan komisioner KPU Mimika itu.

Pada perekrutan ini ada beberapa persyaratan yang wajib dimiliki para calon relawan di antaranya e-KTP domisili Timika, pas foto 3×4, NPWP dan memiliki sertifikat vaksin, karena telah dilakukan kerjasma dari BPJS Kesehatan yang memberikan jaminan kepada atlet, official, wasit, volunteer dan Panitia Penyelenggara PON XX dengan status kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) aktif.

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar