Penyeludupan Baby Lobster Senilai Rp 14 Miliar Kembali Digagalkan

Jumat, 10 September 2021 17:20 WIB

Share
Kapolrestabes Palembang, Kombes Pol Irvan Prawira Satyaputra didampingi Kasat Reskrim, Kompol Tri Wahyudi saat jumpa pers terkait penyelundupan Baby Lobster. (Foto: PoskotaSumsel/Bintang)
Kapolrestabes Palembang, Kombes Pol Irvan Prawira Satyaputra didampingi Kasat Reskrim, Kompol Tri Wahyudi saat jumpa pers terkait penyelundupan Baby Lobster. (Foto: PoskotaSumsel/Bintang)

PALEMBANG, POSKOTASUMSEL.CO.ID - Lagi-lagi Polrestabes Palembang berhasil menggagalkan penyeludupan baby lobster senilai Rp 14 miliar. Kali ini turut mengamankan driver Aziz Septiansyah (42) warga Lampung.

Saat jumpa pers Kapolrestabes Palembang, Kombes Pol Irvan Prawira Satyaputra didampingi Kasat Reskrim, Kompol Tri Wahyudi, menuturkan pihaknya mendapatkan informasi dari masyarakat. Lalu berhasil mengamankan mobil Kijang Innova bernopol BG 1628 AN yang dibawa pelaku.

"Pengungkapan ini bermula saat anggota kita menerima informasi adanya mobil yang dimodifikasi, menggangkut bibit udang jenis Mutiara dan Pasir," katanya Jumat (10/9/2021).

Dilanjutkannya, kemudian anggota pun melakukan penyelidikan dan didapati bahwa informasi itu benar, alhasil anggotanya menemukan 18 box sterofoam berisikan benih lobster, dengan kerugian negara mencapai Rp 14 Miliar.

"Pelaku kita tangkap saat masuk gerbang tol Keramasan, saat dilakukan penggeledahan oleh anggota kita, pelaku ini membawa bibit lobster berupa 83.200 ekor benih lobster jenis Pasir dan 8.256 ekor benih lobster jenis Mutiara," ucapnya.

Pihaknya akan melakukan pengembangan guna mengungkap kasus ini. Dirinya menjelaskan, bibit lobster yang dibawa pelaku berasal dari pelabuhan Ratu menuju Jambi. Pelaku akan dijerat pasal 92 Jo pasal 26 ayat (1) UU RI No 45 Tahun 2009 tentang perubahan atas UU No 31 Tahun 2004 tentang perikanan dengan ancam 8 tahun penjara.

Sementara itu, pelaku Aziz mengaku termasuk ini sudah empat kali mengantarkan pesanan ini dengan upah Rp 1 juta. Pesanan ini sendiri dari Pelabuhan Ratu menuju Jambi. Sesampai Jambi sudah ada orang yang menyambutnya.

"Saya hanya mengantarkan saja dengan menggunakan mobil rental yang dipesan teman saya, pesanan ini dikirim dahulu barulah disaat itulah upah saya dikirim melalui rekening," akunya kepada awak media.

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler