Ramai Tentang Vaksinasi Covid-19, PDHI Justru Adakan Vaksinasi Rabies

Kamis, 16 September 2021 14:16 WIB

Share
Ketua PDHI Sumsel, Jafrizal saat diwawancarai awak media disela-sela acara vaksinasi rabies, Rabu (15/09/2021). (Foto: dok. Sonora FM)
Ketua PDHI Sumsel, Jafrizal saat diwawancarai awak media disela-sela acara vaksinasi rabies, Rabu (15/09/2021). (Foto: dok. Sonora FM)

PALEMBANG, POSKOTASUMSEL.CO.ID - Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Sumatera Selatan peringati Hari Bebas Rabies Dunia dengan gelar penyuntikan vaksinasi rabies gratis untuk hewan peliharaan guna mewujudkan Palembang bebas rabies 2024.

Dilaksanakan pada aula Kantor Camat Sukarami, penyuntikan vaksinasi rabies kepada 150 hewan peliharaan yang lebih didominasi kucing. Terpantau dilokasi pelaksanaan vaksinasi rabies diikuti dengan antusias oleh masyarakat.

Ketua PDHI Sumsel, Jafrizal menerangkan bahwa vaksinasi rabies tidak hanya diselenggarakan pada aula Kantor Camat Sukarame, namun juga dilaksanakan di 14 klinik hewan di Kota Palembang, dan juga diadakan pada 36 klinik hewan yang tersebar di Sumatera Selatan.

Kali ini PDHI menargetkan vaksinasi rabies akan diterima 70 persen dari total populasi hewan di Palembang. Tak hanya kucing vaksinasi yang disediakan juga diberikan pada anjing, serta kera.

"Kita mengedukasi masyarakat untuk memelihara dengan baik dan jangan melepas liarkan hewan peliharaanya," terang Jafrizal saat ditemui dilokasi vaksinasi, Rabu (15/09/2021).

Proses vaksinasi pada hewan tak jauh berbeda dengan vaksinasi pada manusia, diawali pengecekan suhu tubuh, dilanjutkan pemeriksaan kesehatan hewan lalu diberikan suntik vaksin rabies.

Jefrizal menerangkan vaksin rabies diberikan hanya satu kali dalam satu tahun, dengan usia hewan minimal satu bulan setengah.

"Kita akan menunda penyuntikan vaksin apabila hewannya mengalami demam, selain itu kita juga mengecek apakah ada penyakit bawaan pada hewan tersebut, apabila semua aman maka kita lakukan penyuntikan dengan dosis yang sudah disesuaikan," timpalnya.

Menurutnya kesadaran masyarakat untuk menjaga kesehatan hewan peliharaan mereka terbilang tinggi, itu dibuktikan dengan tingginya animo masyarakat membawa hewan untuk melaksanakan vaksinasi rabies.

"Masyarakat sadar pentingnya menjaga kesehatan hewan peliharaan, kita sosialisaikan untuk menjaga kesehatan hewan. Untuk hari ini saja sedikitnya ada 150 hewan yang didominasi kucing mengikuti vaksinasi," pungkasnya.

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar