Jet Latih Tempur Angkatan Laut AS Jatuh di Permukiman Texas, Pilot Dilarikan ke Rumah Sakit

Senin, 20 September 2021 13:21 WIB

Share
Petugas berdatangan di lokasi kejadian (kiri) dan puing-puing yang terlihat di jalan, di mana sebuah pesawat jet latih tempur jatuh. (Foto: REUTERS)
Petugas berdatangan di lokasi kejadian (kiri) dan puing-puing yang terlihat di jalan, di mana sebuah pesawat jet latih tempur jatuh. (Foto: REUTERS)

TEXAS, POSKOTASUMSEL.CO.ID – Dua pilot Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) dibawa ke rumah sakit setelah pesawat jet latih tempur mereka jatuh di halaman belakang sebuah permukiman dekat Fort Worth, Texas, Minggu (19/9/2021).

Kedua pilot tersebut terlontar sebelum pesawat  jet kecil Angkatan Laut AS mereka jatuh sekitar satu blok dari sebuah sekolah menengah.

Jatuhnya pesawat jet latih ini menyebabkan tiga rumah warga rusak di pinggiran Lake Worth.

"Tidak ada warga yang terluka. Kedua pilot telah dibawa ke rumah sakit," kata Kepala Pemadam Kebakaran Lake Worth Ryan Arthur kepada wartawan, seperti dikutip dari AFP.

Ia menambahkan bahwa pesawat itu untungnya jatuh di halaman belakang sehingga terhindar terjadinya tabrakan langsung ke rumah warga.

"Insiden ini bisa saja jauh lebih buruk, mengetahui bahwa pesawat ini jatuh di daerah perumahan di sini di Lake Worth," ujarnya.

Komando Pelatihan Udara Angkatan Laut AS (CNATRA) mengatakan pesawat jet Angkatan Laut jenis T-45C Goshawk yang merupakan pesawat pelatihan yang sering digunakan di kapal induk, jatuh sekitar dua mil (tiga kilometer) dari pangkalan militer Fort Worth.

"Pilot instruktur dalam kondisi stabil; kondisi penerbang angkatan laut siswa tidak diketahui tetapi dia masih hidup dan sedang dalam perawatan," tulis CNATRA dalam sebuah tweet.

Pilot sedang melakukan penerbangan pelatihan rutin yang berasal dari Bandara Internasional Corpus Christi, sekitar 400 mil (643,74 km) ke selatan. "Penyebab kecelakaan itu tidak diketahui" dan sedang diselidiki, menurut CNATRA.

Dalam unggahan video di media sosial menunjukkan kepulan asap hitam membumbung ke atas dari lokasi kecelakaan.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler