BBPJN Akan Lakukan Uji Beban, Jembatan Ampera Ditutup Dua Hari

Kamis, 23 September 2021 18:52 WIB

Share
Kapolrestabes Palembang, Kombes Pol Irvan Prawira Satyaputra saat memberikan keterangan kepada awak media terkait penutupan Jembatan Ampera, Kamis (23/9/2021). (Foto: PoskotaSumsel/Bintang)
Kapolrestabes Palembang, Kombes Pol Irvan Prawira Satyaputra saat memberikan keterangan kepada awak media terkait penutupan Jembatan Ampera, Kamis (23/9/2021). (Foto: PoskotaSumsel/Bintang)

PALEMBANG, POSKOTASUMSEL.CO.ID – Kapolrestabes Palembang, Kombes Pol Irvan Prawira Satyaputra mengatakan Jembatan Ampera direncanakan akan ditutup selama dua hari, mulai tangga 27 hingga 28 September 2021.

Penutupan itu disebutkan telah dilaporkan dan seizin dirinya. Dia menyebutkan kebutuhan untuk Uji Beban Dinamis (Dynamic Loading).

"Sudah izin dengan kita selama dua hari saja. BBPJN mau melakukan uji kekuatan sampai kapan umur jembatan bisa beroperasi," katanya, Kamis (23/9/2021).

Diakuinya saat uji kekuatan dilakukan, Jembatan Ampera nantinya disterilkan dari kendaraan pada pukul 22.30 WIB sampai pukul 03.30 WIB. Selama itu, jembatan tak boleh dilintasi oleh kendaraan roda dua dan roda empat.

"Arus lalu lintas akan dialihkan ke Jembatan Musi IV dan Musi VI, baik kendaraan yang dari ulu ataupun dari ilir," jelasnya kembali.

Sementara itu Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Negara (BBPJN) V Sumsel, Syaiful Anwar mengatakan penutupan dilakukan untuk mengetahui kapasitas struktur jembatan yang telah dibangun sejak 1965 itu.

"Usia jembatan ini sudah 56 tahun, sehingga perlu dievaluasi untuk mengetahui struktur dari jembatan dengan melakukan uji beban," ucapnya.

Menurutnya, Jembatan Ampera yang menjadi ikon Palembang itu diperkirakan memiliki design untuk ketahanan sekitar 75 tahun. Sedangkan usia tiap jembatan memiliki ketahanan yang berbeda-beda, mulai 100 tahun, 75 tahun, dan 50 tahun.

"Hasil evaluasi nanti kita akan mengetahui kapasitas dari Jembatan Ampera ini," pungkasnya.

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler