Dukung PON Papua Makin Digital

Kamis, 30 September 2021 06:18 WIB

Share
Dukung PON Papua Makin Digital
Bank Papua luncurkan tiga produk digital dalam rangka dukung PON Papua. (Foto: ponxx2021papua)

JAYAPURA, POSKOTASUMSEL.CO.ID  –  Bank Indonesia (BI) terus mendorong penggunaan aplikasi Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) untuk memfasilitasi transaksi pembayaran selama ajang Pekan PON Papua XX 2021.

Penggunaan QRIS itu bertujuan untuk mengurangi risiko penularan COVID-19 selama PON Papua sekaligus mendorong budaya transaksi nontunai (cashless society).

"Penggunaan QRIS itu aman dari risiko penyebaran COVID-19 karena mengurangi kontak langsung antara konsumen dengan pelaku usaha atau merchant," kata Dwi.

Sejak diperkenalkan pada tahun 2020 sudah terdapat sekitar 32 ribu pelaku usaha yang menggunakan QRIS di Provinsi Papua.

BI bersama kalangan perbankan mendorong pelaku usaha kecil menengah atau UKM di Papua menggunakan QRIS sehingga jumlahnya mencapai 75 ribu merchant pada 2021.

Sementara itu, Kepala Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Provinsi Papua Naek Tigor Sinaga mengatakan pihaknya memberikan apresiasi kepada Bank Papua yang telah merespon dengan cepat kebutuhan implementasi QRIS melalui peluncuran sandbox QRIS.

 

"Di mana Bank Papua menjadi satu-satunya bank pembangunan daerah di wilayah Maluku-Papua yang sudah berada pada tahap sandbox QRIS," katanya.

Untuk meningkatkan penggunaan QRIS selama PON XX 2021, Pemimpin Divisi Bisnis UMK dan Konsumer Bank Papua, Abraham Krey menjelaskan, pihaknya secara resmi meluncurkan aplikasi tersebut pada Rabu 29 September 2021, di Sentani.

Pemanfaatan aplikasi pembayaran non tunai ini diharapkan membawa gaya hidup Papua semakin go digital.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar