Rusuh Antar Geng Narkoba di Penjara Ekuador, Ratusan Tewas Ada yang Dipenggal

Kamis, 30 September 2021 11:33 WIB

Share
Kerusuhan di penjara Ekuador. (Foto: detik/AP)
Kerusuhan di penjara Ekuador. (Foto: detik/AP)

JAKARTA, POSKOTASUMSEL.CO.ID  – Kerusuhan antargeng pecah di penjara Guayapuil Ekuador pada Selasa (28/9) waktu setempat menewaskan 116 orang.Tawuran antargeng itu juga menyebabkan 86 orang lainnya luka-luka.

Presiden Guilermo Lasso langsung mengerahkan pihak militer untuk mengatasi bentrokan yang terjadi di penjara tersebut. Penjara itu memang dikenal dengan permasalahan yang melebihi kapasitas dan kekurangan staf.

Para tahanan terlibat perang antargeng menggunakan senjata api dan granat. Bentrokan itu diyakini terkait dengan geng pengedar narkoba dari Meksiko, Sinaloa dan Generasi Jalisco.

Presiden Lasso dalam keterangan pers mengecam aksi berdarah yang terjadi di penjara Guayapuil.

Sejumlah tentara dan tank langsung mengepung dan mengamankan penjara itu setelah bentrokan antargeng dan kerusuhan pecah. Di luar kompleks rumah tahanan itu, sejumlah orang cemas menunggu kabar keluarga dan kerabat mereka di dalam sel.

"Kami menginginkan informasi karena sama sekali tidak tahu kabar keluarga dan anak-anak kami. Anak saya ada di dalam sana (penjara)," ucap salah satu perempuan yang enggan identitasnya diungkap kepada AFP.

Bentrokan ini merupakan yang kembali terjadi di penjara Ekuador. Total sudah 200 orang tewas tahun ini akibat bentrok antargeng itu.

Dari korban tewas itu, enam di antaranya tewas karena dipenggal oleh pelaku. Sejumlah sipir juga tak luput mengalami penyerangan dari para pelaku dengan senjata api.

Sementara itu Ekuador sendiri telah menjadi sarang bagi kelompok kriminal yang melakukan pengiriman narkoba ke Amerika Serikat dan Eropa. Antara Januari dan Agustus tahun ini, pihak berwenang negara itu menyita sekitar 116 ton obat-obatan, terutama kokain.    

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler