Kemeriahan PON XX Papua Kemajuan Bersama Dan Rekor MURI

Minggu, 3 Oktober 2021 22:57 WIB

Share
Kemeriahan PON XX Papua Kemajuan Bersama Dan Rekor MURI
Pertunjukan kembang api saat Upacara Pembukaan PON Papua di Stadion Lukas Enembe, Kompleks Olahraga Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua, Sabtu, 2 Oktober 2021. (Foto: Antara)

JAYAPURA, POSKOTASUMSEL.CO.ID  – Upacara pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Jayapura, Provinsi Papua berlangsung meriah merupakan kemajuan bersama negara dalam pembangunan. Masyarakat berbaur dengan para atlet menyaksikan kemeriahan penyelenggaraan pesta olahraga nasional itu dengan penuh antusias.

Upacara pembukaan PON XX yang digelar di Stadion Lukas Enembe diwarnai gegap gempita lampu warna-warni dan kegembiraan masyarakat.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi, pada Sabtu (2/10/2021) akan membuka penyelenggaraan PON XX yang akan berlangsung pada 2-15 Oktober.

Mengenakan jaket bertuliskan PON XX Papua, Presiden Jokowi disambut lantunan lagu "Aku Papua" yang dibawakan Edo Kondologit, Nowela Elizabeth Auparay, dan Michael Jakarimilena serta para penari mengenakan pakaian khas Papua.

Acara dilanjutkan dengan defile para atlet yang akan berlaga pada pesta olahraga paling akbar di Tanah Air. Para atlet berasal dari berbagai daerah, di antaranya Aceh, Bali, Banten, Daerah Istimewa Yogyakarta, Nusa Tenggara Timur, Papua Barat, Maluku, Sulawesi Utara, Gorontalo, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sumatera Utara, Jambi, dan lainnya.

Sebanyak 56 cabang olahraga akan dipertandingkan pada PON XX yang digelar di empat kabupaten/kota yang menjadi lokasi penyelenggaraan PON XX Papua adalah Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke.

"Istora Papua Bangkit yang dibangun oleh PT PP ini mulai dibangun pada November 2018 dan telah selesai pada 2020. Bangunan seluas 7.740 meter persegi ini memiliki kapasitas 3.148 kursi tribun, arena perhelatan PON XX yang dibangun oleh perseroan tersebut menelurkan berbagai inovasi dan kecanggihan konstruksi." kata Direktur Utama PT PP (Persero) Tbk. Novel Arsyad di Jakarta, Minggu.

Tiga rekor MURI atas keberhasilannya menerapkan beberapa inovasi dalam pembangunannya, yaitu instalasi textile duct ring terpanjang, atap dome terluas tanpa baut, dan atap baja lengkung terpanjang.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, penyelenggaraan PON XX Papua 2021 merupakan gambaran kemajuan yang telah dialami oleh Papua.

Penyelenggaraan ini menunjukkan kesiapan infrastruktur di tanah Papua, dan kesiapan masyarakat Papua dalam menyelenggarakan acara besar. Ia pun menceritakan dukungan pemerintah pusat dalam pembiayaan penyelenggaraan PON XX 2021.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar