Napi Ngamuk di Lapas Parigi Moutong, Sejumlah Fasilitas Dirusak

Kamis, 7 Oktober 2021 23:22 WIB

Share
Para napi di Lapas Kelas III Parigi Moutong berusaha menerobos gerbang utama lapas. (Foto: Ist)
Para napi di Lapas Kelas III Parigi Moutong berusaha menerobos gerbang utama lapas. (Foto: Ist)

PARIGI MOUTONG, POSKOTASUMSEL.CO.IDNarapidana (napi) di Lembaga Pemasyarakatan (lapas) kelas III Parigi Moutong, Sulawesi Tengah mengamuk dan merusak sejumlah fasilitas lapas.

Peristiwa ini sendiri terjadi sejak siang dan memuncak pada sore hingga malam ini, Kamis (7/10/2021).

Berdasarkan informasi yang diperoleh, sejumlah napi telah menguasai sebagian besar ruang kantor yang berada di dalam lapas. Mereka merusak sejumlah fasilitas yang ada, bahkan mengancam membakar dokumen penting yang berada dalam ruangan tersebut.

Dari dalam lapas, para warga binaan itu juga sempat melempar batu dan botol ke arah petugas lapas yang coba menenangkan.

Kepala Lapas Parigi Moutong Muhammad Askari Utomo yang mencoba untuk menenangkan para napi tersebut, juga tak luput menjadi sasaran pelemparan.

“Teman-teman coba tenang, bicara baik-baik biar saya tahu apa tuntutan kalian,” ujarnya.

Askari kemudian menjanjikan akan menindaklanjuti tuntutan para napi tersebut jika mereka menyampaikannya secara baik-baik.

Namun ucapan Askari tersebut tidak digubris oleh para warga binaan, mereka kembali melakukan aksi pelemparan kepada petugas lapas.

Meskipun pihak kepolisian membuang tembakan ke udara untuk meredakan suasana, para penghuni lapas tersebut tetap tidak memperdulikannya. Mereka tetap ricuh dan bahkan berusaha menerobos gerbang utama menuju pintu keluar lapas.

Sementara itu, di luar lapas telah disiagakan aparat kepolisian bersenjata lengkap dari Polres Parigi Moutong, serta mobil pemadam kebakaran, untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya kericuhan yang lebih luas.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler