Piala Ketua MPR RI: Pecatur Muda Rebut Juara Sejumlah Master Terpental 

Senin, 28 Maret 2022 01:28 WIB

Share
Piala Ketua MPR RI: Pecatur Muda Rebut Juara Sejumlah Master Terpental 

JAKARTA, NAGARA.ID – Generasi muda nampak mulai bermunculan dan memberikan secercah harapan kebangkitan catur di Indonesia.  Hal itu terlihat dari munculnya generasi muda pada Kejuaraan Catur Indonesia Master II memperebutkan Piala Ketua MPR RI yang berlangsung di Gedung DPR/MPR RI Senayan Jakarta, Minggu (27/03/2022).

Kejuaraan yang diikuti hampir seratus orang ini diikuti lebih dari 80 pemegang gelar master atau lebih dari 80 persen dari pecatur dari seluruh Indonesia memperebutkan hadiah total Rp 54 juta.

Pertandingan catur cepat berdurasi 10 menit dengan tambahan waktu 5 detik menggunakan sistem Swiss 7 babak ini akhirnya dimenangkan pemain muda asal Yogyakarta, MN M. Kahfi Maulana yang meiliki elo rating 2.363, sedangkan Juara II diraih MN Dzithauly Ramadhan (elo 1.949) dari Jawa Timur dan Juara II diraih pecatur muda non gelar Raden Syaifuddin (elo 2.100) dari Kalimantan Timur.

Ketiga peraih juara ini yang seluruhnya meraih 6 poin ini merupakan pecatur-pecatur muda yang menjanjikan di masa mendatang. Mereka mampu mengungguli peserta lainnya yang hampir seluruhnya memiliki gelar master nasional.

Kahfi yang sempat tinggal di Prancis adalah pemenang dua medali emas PON 2020 di Papua, sedangkan  Dzithauly Ramadhan adalah Juara Pertama Kategori Junior A Kejurnas di Belitung dan berhak menjadi peserta Olimpiade Catur di Rusia bulan November 2022 mendatang.

Tak kalah menariknya,  Raden Syaifuddin juga merupakan generasi milenal yang mencuri perhatian panitia penyelenggara.  Syaifuddin meroketkan namanya mengatasi puluhan master catur yang rata-rata telah berusia 40 tahun ke atas.

Beberapa nama pecatur kawakan harus berpuas diri di peringkat tengah maupun bawah.

Sementara pecatur asal Sumsel yang mengirimkan empat orang yakni MN Nurdin Abubakar, MN Evan Effendi, MN A.Rofiq Dan Doni Tiansyah dengan bersusah payah bertarung dengan Bintang Bintang Catur nasional.  Nurdin Abubakar berhasil masuk rangking 9 dengan lima poin, disusul Evan Effendi rangking 52 (3,5 point), Rafiq ranking 67 dan Doni Tiansyah 73 masing-masing point tiga.

 

Dari kiri ke kanan: Doni Tiansyah, Nurdin Abubakar, Edison Nainggolan, Evan Effendi dan A.Rofiq

Halaman
1 2 3
Reporter: Aedna
Editor: A Edison Nainggolan
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar