Akbar Juara Baru SCUA F FIDE Rated II, Pecatur Sumsel Godam Nyaris Juara

Selasa, 19 April 2022 14:03 WIB

Share
Akbar Juara Baru SCUA F FIDE Rated II, Pecatur Sumsel Godam Nyaris Juara

BEKASI, POSKOTASUMSEL.CO.ID - Akbar Akmalnaidi menjadi Juara I Turnamen Catur Sekolah Catur Utut Adianto (SCUA) FIDE Rated Chess ke-2 tahun 2022 yang berlangsung dari tanggal 13 s/d 17 April 2022 di SCUA Bekasi Jawa Barat.

Akbar menjadi juara baru dengan perolehan point 7,5 dari 9 babak disusul peringkat kedua Ricky Rismanto dengan nilai 7 kemudian diikuti Dizithauly Ramadhan di urutan ketiga dengan nilai 7.  Owen Michael dan Johan Gunawan menyusul di tempat keempat dan lima dengan nilai sama 6,5.

Sementara itu Sumatera Selatan yang menurunkan 3 pecatur pada Kejuaraan ini yaitu MN Godam Eko, Surya Setiawan dan pecatur cilik AFM Quinsha Adinda Syahirah (12) harus puas di peringkat sepuluh besar. Surya Setiawan bertengger di peringkat 6, dan MN Godam menduduki peringkat 8 sedangkan Quinsha berhasil meraih hadiah kategori U16 Terbaik Putri.

Godam Berpeluang Juara

MN Godam sendiri sebenarnya berpeluang untuk menjadi Juara atau runner up, hanya saja pada babak terakhir pecatur Bank Sumselbabel ini dikalahkan oleh MN Ricky Rismanto yang akhirnya berhasil menjadi Juara II.

“Waktu babak terakhir melawan Ricky Rismanto saya tidak dalam kondisi fit 100% karena paginya babak 8 bermain panjang sampai lebih dari 4 jam melawan Satria Duta,” kata Godam.

Lebih lanjut dia mengatakan, posisi caturnya sudah menang mutlak.  “Tetapi karena kondisi fisik tidak mendukung saya melakukan langkah blunder dan partai menjadi remis. Sehingga kejadian babak 8 ini masih berpengaruh pada permainan saya di babak 9.” kata Godam pada waktu ditemui seusai pertandingan.

Sementara itu Quinsha yang berhasil meraih hadiah Terbaik U16 Putri mengatakan bahwa keinginan ikut dalam turnamen ini hanya untuk menambah elo rating internasional.

“Ikut dalam turnamen ini untuk mencari tambahan elo rating dan menambah jam terbang pengalaman bertanding, kalau untuk menjadi juara masih jauh karena banyak peserta yang sudah senior dan lebih berpengalaman. Tapi Alhamdullilah dalam turnamen kali ini saya mendapat tambahan 44 elo rating dan mendapatkan hadiah Terbaik U16 Putri,” kata Quinsha yang ditemui pada saat acara penutupan.

Ketua Umum PB Percasi GM Utut Adianto yang menutup secara resmi Turnamen berhadiah total Rp.14.200.000 ini menyambut baik semangat dan antusias peserta dan berjanji akan melanjutkan turmanen Serie 3 dengan hadiah saat ini dikali 2.

Halaman
1 2
Reporter: Thania
Editor: A Edison Nainggolan
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar